Latest Entries »

Minggu, 06 Mei 2012

MANAJER DAN PENGLOLAAN

MANAJER DAN PENGELOLAAN A. Organisasi dan kebutuhan akan manajemen Organisasi adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran.Goal atau sasaran adalah tujuan yang diusahakan untuk dicapai oleh suatu organisasi,organisasi sering kali mempunyai lebih dari satu sasaran,sasaran merupakan elemen dasar dari organisasi.Semua organisasi juga mempunyai beberapa program atau metode untuk mencapai sasaran yang disebut rencana. Manajemen adalah kebiasaan yang dilakukan secara sadar dan terus menerus dalam membentuk organisasi,proses merencanakan,mengorganisasikan,memimpin,dan mengendalikan pekerjaan anggota organisasi dan menggunakan semua sember daya organisasi untuk mencapai sasaran organisasi yang sudah ditetapkan. Manajer adalah orang yang bertanggung jawab terhadap organisasi dalam mencapai sasarannya. Tiga alasan penting untuk mempelajari organisasi dan praktek manajemen : 1. Hidup masa kini. Organisasi memberikan kontribusi pada stnadar kehidupan umat manusia masa kini diseluruh dunia 2. Membengun masa depan. Organisasi membangun masa depan yang lebih baik dan membantu individu untuk melakukan hal yang sama. 3. Mengingat masa lalu. Organisasi membantu menghubungkan manusia dengan masa lalunya.  Manajemen sebagai suatu keistimewaan dalam waktu dan hubungan manusia Manajemen adalah suatu keistimewaan dalam menangani masalah waktu dan hubungan manusia ketika hal tersebut muncul dalam organisasi Ide tentang waktu dalam organisasi mempunyai beberapa elemen yaitu : o Manajemen adalah usaha menciptakan masa depan yang lebih baik dengan mengingat masa lalu dan masa kini o Manajemen dipraktekan di dalam dan refleksi dari era sejarah tertentu o Manajemen adalah kegiatan yang menghasilkan konssekuensi dan pengaruh yang muncul dengan berlalunya waktu  Prestasi manajerial dan organisasi Manajemen adalah aktivitas utama yang membuat perbedaan dalam hal seberapa baik organisasi melayani orang yang dipengaruhi olehnya.Sejauh mana keberhasilan suatu organisasi mencapai tujuannya, dan memenuhi tanggung jawab sosialnya, banyak tergantung pada para manajernya. Baik manajer melakukan pekerjaan mereka dalam prestasi manajerial (mangerial perfomance) yaitu ukuran seberapa efisien dan efektif seorang manajer,seberapa baik dia menetapkan dan mencapai tujuan yang memadai atau bahkan prestasi organisasi (organizational perfomance) yaitu ukuran seberapa efisien dan efektif sebuah organisasi melakukan pekerjaan dan seberapa baik organisasi itu mencapai tujuan yang memadai.  Efesiensi dan efektivitas Efficiency (efisiensi) kemampuan untuk meminimalkan penggunaan sumber daya dalam mencapai tujuan oeganisasi secara tepat. Seorang manajer yang efisisen adalah seorang yang mencapai output atau hasil yang diukur dengan input (tenaga kerja,material dan waktu) yang dipergunakan.Manajer yang bertindak efisien mampu meminimalkan biaya sumber daya yang diperlukan. Efektivitas (effectiveness)adalah kemampuan untu melakukan tujuan yang memadai , memilih sasarn yang tepat-melakukan hal yang tepat. Efisiensi sebanyak apa pun tidak dapat menutupi kekurangan dalam efektivitas.efektivitas merupakan kunci keberhasilan sutu organisasi,sebelum kita dapat melakukan kegiatan secara efisien,kita harus yakin telah menemukan hal yang tepat untuk dilakukan B. Proses manajemen Proses adalah metode sistematik dalam menangani aktivitas atau cara sitematik yang sudah ditetapkan dalam melakukan kegiatan.Proses manajemen proses membuat perencanaan,mengorganisasikan,memimpin,dan mengendalikan berbagai usaha dari anggota organisasi dan menggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai sasaran. Empat fungsi spesifik dari manajer 1. Merencanakan Proses yang menyangkutupaya yang dilakukanuntukmengantisipasikecenderungan di masa yang akan dating dan penentuan strategi dan taktik yang tepat untuk mewujudkan target dan tujuan organisasi. Rencana sebagai pedoman untuk : a) Organisasi memperoleh dan menggunakan sumber daya yang diperlukan untuk mencapai tujuan b) Anngota organisasi melaksanakan aktivitas yang konsisten dengan tujuan dan prosedur yang sudah ditetapkan c) Memonitor dan mengukur kemajuan untuk mencapai tujuan sehingga tindakan koreakstif dapat diambil bila kemajuan tidak memuaskan Langkah pertama dalam merencanakan adalah memilih sasaran organisasi.Perencanaan memberikan gambaran masa depan yang diinginkan dengan sumber daya yang ada sekarang dan pengalaman. Sehingga hubungan dan waktu bersifat sentral dalam perencanaan. 2. Mengorganisasikan Organizing adalah proses mempekerjakan dua orang atau lebih untuk bekerja sama dalam cara struktur guna mencapai sasaran spesifik atau beberapa sasaran.Hubungan dan waktu adalah sentral untuk mengorganisasikan aktivitas.pengorganisasian menghasilkan struktur hubungan dalam sebuah organisasi, dan lewat hubungan terstruktur ini rencana masa depan akan tercapai.aspek laian dari hubungan yang merupakan bagian dari pengoragisasian adalah mencari orang-orang baru untuk menggabungkan truktur hubungan yang bniasa disebut mencari staf (staffing) 3. Memimpin Leading (memimpin) proses mengarahkan dan mempengaruhi aktifitas yang berkaitan dengan pekerkaan dari anggota kelompok atau seluruh organisasi.Hubungan dan waktu bersifat sentral untuk kegiatan memimpin. 4. Mengendalikan Controling (pengendalian) adalah proses untuk memastikan bahwa aktifitas sebenarnya sesuai dengan aktifitas yang drencanakan.fungsi pengendalian manajemen melibatakan berbagai elemen yaitu a) Menetapkan standar prestasi kerja b) Mengukur prestasi saat ini c) Membandingkan prestasi ini dengan standar yang telah ditetapkan d) Mengambil tindakan koreaktif bila ada deviasi yang dideteksi Lewat fungsi pengendalian manajer mempertahankan organisasi tetap pada jalurnya. Hubungan dan waktu bersifat sentral untuk aktifitas mengendalikan. Seringkali manajer harus khawatir tentang mengendalikan adalah dengan berlalunya waktu,hasil mengorganisasikan hubungan tidak selalu sesuai dengan yang direncanakan. Dalam praktek, proses manajemen tidak menyangkut empat macam aktivitas yang terpisah atau hubungan longgar,tetapi sekelompok fungsi yang saling berkaitan. C. Berbagai tipe manajer 1) First line (or first level) managers Manager yang bertanggung jawab terhadap pekerjaan karyawan operasional saja dan tidak membawahkan menajer lain,mereka merupakan tingkat pertama atau terendah dari manajer dalam hierarki organisasi. Contoh foreman atau supervisor dalam pabrik 2) Middle managers (manajer menengah) Manajer yang berada ditengah-tengah dalam hierarki organisasi,mereka bertanggung jawab atas manajer lain dan kadang-kadang terhadap beberapa karyawan operasional,mereka juga bertanggung jawab kepada manajer yang lebih senior. Prinsip tanggung jawab manajer menengah adalah mengarahkan aktivitas yang mengimplementasikan kebijakan organisasi dan menyeimbangkan permintaan dari manajer mereka dengan kapasitas karyawan. 3) Top managers Manajer yang bertanggung jawab atas seluruh manajemen dari organisasi, mereka menetapkan kebijakan operasional dan pedoman interaksi organisasi dengan lingkungannya. Orang-orang dalam manajer puncak disebut eksekutif. Nama jabatan manajer puncak chief executive officier,preside,wakil presiden. 4) Funcstions manager Fungsi suatu klasifikasi yang menunjuk pada sekelompok aktivitas serupa dalam suatu organisasi seperti pemasaran atau operasi. Functions manajer adalah seorang manajer yang bertanggung jawab hanya atas satu aktifitas organisasi seperti manajemen keuangan atau manajemen sumber daya manusia atau satu bidang fungsional seperti produksi, pemasaran atau keuangan. 5) General manager Seseorang yang bertanggung jawab atas semua aktifitas seperti produksi,penjualan,pemasaran,dan keuangan untuk sebuah organisasi seperti sebuah perusahaan atau anak perusahaan. Manajer fungsional dan manajer umum melakukan hal serupa merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan dalam kaitan dengan waktu,perbedaan hanya dalam cakupan aktivitas yang mereka awasi. D. Tingkat manajemen dan ketrampilan a. Technical skill (keterampilan teknis) kemampuan menggunakan prosedur,tehnik dan pengetahuan bidang khusus. Contoh ahli bedah insnyur b. Human skill (kerampilan manusia) kemampuan untuk bekerja sama, memahami dan memotovasi orang lain sebagai individu atau dalam kelompok. c. Conceptual skill ( keterampilan konseptual) kemampuan untuk mengkoordinasikan semua kepentingan dan aktivitas organisasi. Kepentingan dari keterampilan konseptual bertambah kalau kita bergerak melewati peringkat sistem manajemen. Dalam tingkat organisasi yang sangat tinggi, cakupan hubungan secara menyeluruh, dan tempat organisasi dalam waktu, penting untuk dipahami karena disitulah manajer harus mempunyai cakupan yang jelas dari gambaran keseluruhan. E. Tantangan Manajemen  Perlunya memiliki visi Suatu visiuntuk hidup di dalam dan mengambil manfaat dari perubahan lingkungan ini penting bagi setiap manajer. Manajer yang mempunyai visilah yang menciptakan hubungan baru tersebut.  Perlunya etika Etika adalah penelitian menganai siapa yang dan akan diuntungkan oleh suatu tindakan. Keputusan yang dibuat oleh manajer dalam organisasi mempunyai pengaruh yang luas di dalam maupun di luar organisasi. Jadi manajer harus memikirkan berbagai nilai dan etika.  Perlunya memiliki kepekaan untuk menanggapi keanekaragaman budaya Manajer organisasi masa kini harus bersiap untuk berhadapan dengan keanekaragaman dalam organisasi dan memanfaatkan bakat dari semua karyawan yang ada. Perusahaan harus belajar agar berhasil mengelola tenaga kerja baru.

0 komentar:

Posting Komentar