Latest Entries »

Minggu, 06 Mei 2012

MUTU

PENINGKATAN MUTU ORGANISASI a. Pengertian mutu Quality (mutu) adalah konsep yang kompleks yang telah menjadi salah satu daya tarik dalam semua teori manajemen. Menurut marshal saskhin dan Kenneth Kisser Total Quality Management adalah suatu sistem budaya organisasi untuk memuaskan pelanggan lewat penggunaan struktur terintregrasi dari peralatan,tehnik, dan penelitian. TQM mencakup perbaikan terus menerus proses organisasi, dengan hasil dan produk jasa bermutu tinggi. b. Sejarah mutu  W. Edwars Deming Pengendalian proses secara statistik (statisfical process control) adalah metode untuk mengukur variasi dan terus menerus memperbaiki proses pekerjaan sebelum tahap inspeksi akhir untuk mencegah produk yang cacat. Keterlibatan pekerja, deming percaya bahwa pekerja dapat mengetahui banyak perbaikan yang perlu dilakukan, asalakan diberi pengetahuan dan dukungan dari manajemen.  Joseph Juran Juran percaya bahwa aperubahan pada mutu mutu dapat terjadi seperti pergeseran lain didalam perusahaan artinya menggunakan kerangka kerja yang sudah ada untuk keputusan dan tindakan organisasi.  Kaoru Ishikawa Lingkaran mutu (quality circle), kelompok kerja yang bertemu untuk mendiskusikan cara-cara memperbaiki mutu dan memecahkan masalah produksi. Kontribusi lain ishikawa adalah dia menekankan usaha mutu terpadu pada pelanggan.dia juga sampai menyarankan bahwa output dari sebuah departemen diberikan kepada departemen lain seolah-olah mereka adalah pelanggan. c. 14 pemikiran peningkatan mutu dari Deming Constancy of purpose ( tujuan yang mantap) adalah pandangan bahwa fokus yang mantap pada misi organisasi tentang perbaikan mutu dan jasa yang berlangsung terus-menerus dan selamanya digabungkan dengan pengendalian mutu dengan statistik dan mencapai kesenangan kerja diperlukan untuk dapat bertahan dari persaingan. Empat belas pemikiran menurut deming : 1. Ciptakan tujuan yang mantap dari perbaikan produk dan jasa 2. Adopsi filosofi baru 3. Hentikan ketergantungan pada inspeksi masal 4. Akhiri kebiasaan melakukan hubungan bisnis hanya berdasarkan harga 5. Perbaiki sistem produksi dan jasa secara konstan dan terus-menerus 6. Lembagakan metode pelatihan yang modern di tempat kerja 7. Lembagakan kepemimpinan 8. Hilangkan rasa takut 9. Pecahkan hambatan di area staf 10. Hilangkan slogan, nasihat, dan target untuk tenaga kerja. 11. Hilangkan kuota numerik 12. Hialngkan hambatan terhadap ketersmpilsn kerja 13. Lembagakan program pendidikan dan pelatihan yang kokoh 14. Lakukan tindakan untuk melakukan transformasi d. Peran manajemen puncak dalam peningkatan mutu Lima ide Utama TQM adalah : 1) Pendekatan sistem Sistem, dalam sebuah organisasi,fungsi dan aktivitas bekerja sama untuk memenuhi tujuan organisasi. Sistem budaya, seperangkat keyakinan dan hasil tingkah laku yang dimiliki diseluruh organisasi atau juga disebut sistem sosial. Sistem tehnik, berbagai faktor seperti teknologidan infrastruktur fisik, serta investasi modal yang diperlukan oleh sebuah organisasi untuk mencapai sasarannya. Sistem manajemen, berbagai proses yang dipergunakan organisasi untuk mengelola sumber daya manusia dan fisik serta asetnya. 2) Peralatan TQM Diagram tulang ikan. Diagram yang dipergunakan untuk mengorganisasikan dan menunjukkan secara visual penyebab yang mungkin dari terjadinya masalah atau peristiwa, juga disebvut diagram sebab akibat dan diagram ishikawa. Benchmarking, menemukan sifat, proses, dan pelayanan produk terbaik dari yang ada dan menggunakannya sebagai standar untuk memperbaiki produk , proses dan pelayanan perusahaan sendiri. 3) Fokus pada pelanggan Kemampuan suatu produk atau jasa untuk memuaskan kebutuhan pelanggan yang sebenarnya, dengan memfokuskan pada kebutuhan yang sebenarnya. 4) Peran menajemen Banyak menajer memulai asumsi bahwa kalau ada masalah mutu, pekrja atau beberapa manajer harus dipersalahkan. Salah ciri khas pendekatan TQM adalah mempertanyakan asusmsi itu. TQM menyakinkan bahwa kalau ada maslah mengenai mutu hal itu dimulai diruang dewan direktur dan di kantor manajer senior serta orang lauin yang tidak menganggap mutu sebagai sesuatu yang serius. 5) Partisipasi karyawan Mendapat dukungan dan perhatian dari menajer senior tetap merupakan kondisi yang perlu untuk membuat TQM bekerja dalam sebuah organisasi, tetapi tanpa memberikan wewenang kepada karyawan hasilnya tidak akan banyak . pemberian wewenang, tindakan mendelegasikan wewenang dan otoritas kepada seorang bawahan, sehingga sasaran dari manajer dapat tercapai. e. Cara mendukung karyawan untuk mengejar mutu Memberi wewenang kepada karyawan, memberikan wewenang, pengethuan dan sumber daya kepada karywan untuk melakukan apa yang perlu dalam melaksanakan pekerjaan mereka merupakan bagian untuk menciptakan mutu didalam sebuah organisasi.

1 komentar:

farazbaars mengatakan...

Mummys Gold Casino and Hotel - Mapyro
Located in the heart of the Gold Coast's iconic 제천 출장샵 Gold Coast Casino, Mummys 태백 출장샵 Gold is a popular gaming and accommodation spot. 원주 출장마사지 With 24 tables to 제천 출장샵 accommodate 영천 출장안마 your needs

Posting Komentar