Latest Entries »

Minggu, 06 Mei 2012

LINGKUNGAN ORGANISASI DAN ALAM

LINGKUNGAN ORGANISASI DAN ALAM a. Kepen tingan lingkungan organisasi dan Alam Perubahan-perubahan yang terjadi di dalam lingkungan sangat dinamis. Kecenderungan teknologi, politik, ekonomi, sosial dapat mempunyai pengaruh besar pada keberhasilan organisasi. Dan akhirnya manajer harus memperhatikan lingkungan alam apabila ingin melestarikan dunia untuk generasi masa akan datang yaitu dengan kemampuan manajer mengindentifikasi, menganalisa, mengevaluasi, mengdiagnosa dan bereaksi atau tanggap terhadap peluang dan ancaman yang dihadapi organisasi sangat diperlukan untuk mempertahankan keberadaan dan mengembangkan organisasi. b. Lingkungan Organisasi  Lingkungan Eksternal Semua elemen di luar suatu organisasi yang releven pada organisasinya.  Lingkungan Internal Semua elemen di dalam organisasi itu sendiri,semuanya adalah bagian lingkungan yang menjadi tanggung jawab dari seorang manajer. c. Berbagai elemen lingkungan tindakan langsung Lingkungan tindakan langsung terdiri dari pihak yang berkepentingan individual atau kelompok yang langsung atau tidak langsung dipengaruhi oleh cara sebuah organisasi mengejar sasarannya. Pihak yang berkepentingan dibagi menjadi dua ketegori : 1. Pihak yang berkepentingan eksternal 2. Pihak yang berkepentingan internal d. Mengelola pihak yang berkeptingan dalam organisasi  Pihak yang berkepentingan eksternal Pihak yang berkepentingan eksternal yang mempengaruhi aktivitas organisasi dari luar organisasi tersebut, termasuk pelanggan, pemasok, pemerintah, kelompok khusus, media, serikat pekerja, lembaga keuangan, dan pesaing.  Pelanggan Pelanggan menukarkan sumnber daya, pada umumnya berbentuk uang, dengan produk dan jasa organisasi.  Pemasok Setiap organisasi membeli input bahan baku, jasa energi, peralatan, dan tenaga kerja dari lingkungan dan menggunakannya untuk menghasilkan output.  Pemerintah Pemerintah bertindak membantu dan melindungi industri.  Kelompok khusus Kelompok orang yang mengorganisasikan menggunakan proses politik untuk memajukan posisi mereka dalam isu tertentu, seperi aborsi dan pembatasan senjata api.  Media Aktivitas ekonomi dan bisnis selalu diinput oleh media, karena topik-topik ini mempengaruhi banyak orang. Ekarang peliputan komunikasi masa depan semakin luas dan canggih, berkisar dari laporan berita berita umum sampai artikel khusus bahkan hingga pemaparan hasil penelitian secara mendalam. Hasil penelitian juga lebih cepat diketahui, karena semakin banyak penggunaan satelit komunikasi.  Serikat pekerja Manajer personalia pada umumnya berhubungan dengan sebuah organisasi pemasok tenaga kerja, kadang-kadang ditambah oleh manajer lain dengan penugasan khusus dan jawaban negoisasi.  Lembaga keuangan Organisasi tergantung pada berbagai lembaga keuangan, termasuk bank komersial, bank investasi, dan perusahaan asuransi untuk memasok dana guna mempertahankan memperluas aktivitas mereka. Organisasi baru maupun yang sudah lama didirikan mungkin tergantung pada pinjaman jangka pendek untuk menandai kegiatan operasional dan pinjaman jangka panjang untuk membangun fasilitas baru atau membeli peralatan baru. Karena hubungan kerja efektif dengan lembaga keuangan amat sangat penting, membina dan memelihara hubungan seperti itu biasanya menjadi tanggung jawab bersama kepala bagian keuangan dan kepala bagian operasi pada organisai tersebut.  Pesaing Untuk menaikkan pangsa pasarnya, sebuah organisasi harus mengandalkan pada satu dari dua peluang yang terbuka yaitu, 1. Organisasi itu harus harus mendapatkan lebih banyak pelanggan, baik dengan mengumpulkan lebih besar pangsa pasar maupun dengan menemukan cara meningkatkan ukuran pasar itu sendiri. 2. Organisasi itu harus mengalahkan pesaingnya dalam memasuki dan memenangkan pasar yang sedang berkembang.  Pihak yang berkepentingan internal  Karyawan Sifat dari tenagakerja dari adalah berubah dalam kebanyakan organisasi, sebagian karena faktor demografik.  Pemegang saham dan dewan direksi Struktur yang mengatur perusahaan publik yang besar memungkinkan pemegang saham untuk mempengaruhi sebuah perusahaan dengan menggunakan hak memberikan suara. Secara tradisional, pemegang saham terutama tertarik pada pendapatan investasi mereka dan membiarkan kegiatan operasional organisasi dijalankan oleh para manajer. Kerangka kerja pihak yang berkepentingan menimbulkan isu yang dapat mempengaruhi berbagai organisasi .  Jaringan dan koalisi Sebuah jaringan hubungan yang kompleks menghubungkan pihak yang berkepentingan satu dengan yang lain disamping dengan organisasi. Misalnya lembaga konsumen mungkin mempunyai kontak dengan suatu organisasi, karyawannya, dan sebuah badan pengatur pemerintah, pada saatnya badan pengatur tadi akan memepengaruhi organisasi maupun para pesaingnya.  Peran ganda  Peran khusus manajemen Manajemen mempunyai kepentingan sendiri dalam organisasi. Manajemen bertanggung jawab terhadap organisasi secara keseluruhan serta berkepentingan dan menyeimbangkan tuntutan yang saling bertentangan. e. Elemen lingkungan tindakan tidak langsung Komponen tindakan tidak langsungdari lingkungan eksternal mempengaruhi organisasi dengan dua cara. Pertama, kekuatan dapat mendikte formasi suatu kelompok yang akhirnya menjadi pihak yang berkepentingan. Kedua, elemen tindakan tidak langsung menciptakan iklim teknologi yang berubah cepat, pertumbuhan atau penurunan ekonomi, perubahan dalam sikap terhadap kerja tempat organisasi berada dan tempat organisasi memberikan respon. • Variabel Sosial Berbagai faktor seperti demografik,gaya hidup, dan nilai-nilai sosial, yang dapat mempengaruhi suatu organisasi dari lingkungan eksternalnya. • Variabel Ekonomi Kondisi ekonomi pada umumnya dan kecenderungan amat menentukan keberhasilan organisasi • Variabel Politik Berbagai faktor yang mungkin memepengaruhi aktivitas suatu organisasi dari proses atau iklim politik • Variabel Teknologi Kemajuan dalam ilmu pengetahuan seperti fisika, disamping perkembangan baru dalam produk, proses dan material. Tingkat teknologi dalammasyarakat atau industri tertentu cukup menentuksn produk dan jasa apa yang akan dihasilkan, peralatan apa yang akan digunakan, dan bagaimana operasi dapat dikelola. f. Lingkungan Alam Memeprhatikan kerusakan lingkungan alam semakin mendapat peran penting pada tahun-tahun belakangan ini. Manusia memperhatikan berbagai masalah dari polusi samapai pemanasan global dan penipisan ozon. Beberapa organisasi telah mengambil peran aktif dalam mempromosikan kesadaran lingkungan. Sebagaian manajer memilih hanya mengikuti persyaratan legal, sementara yang lain bertindak jauh untuk menyatakan nilai-nilai lingkungan lewat produk dan pemasaran produk. Manajer terutama ditingakt atas harus memonitor lingkungan ekternal dan mencoba meramaikan perubahan yang akan mempengaruhi organisasi. Mereka harus menggunakan perencanaan strategik dan desain organisasi untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan. Dengan dampak lingkkungan yang udah menyebar pada organisasi, kita memerlukan beberapa jenis kerangka kerja untuk mengevaluasi sebagai respon terhadap kepedulian pada lingkungan i. Kerangka kerja biaya dan pendapatan Organisasi mengambil bahan baku dan menghasilkan produk serta jasa bila biaya untuk menghasilkan output lebih besar daripada kesediaan pelanggan membayar harga, maka organisasi tidak dapat menghasilkan laba yang cukup untuk membiayai keberadaan bisnisnya. ii. Kerangka kerja pembangunan berkesinabungan Bergabung dengan aktivitas organisasi yang dapat bertahan untuk periode jangka panjang atau memepebarui secara otomastis. Perkembangan yang dpat berkelanjutan, pendekatan yang lebih modern untuk berfikir mengenai isu lingkungan yang yang mengatakan bahwa oragnisasi harus terlibat dalam aktivitas yang dapat berkelanjutan untuk jangka waktu yang panjang yang secara otomatis dapat memperbarui sendiri. Empat sikap yang dapat diadopsi oleh organisasi untuk menjadi lebih sensitif terhadap lingkungan. ◙ Sikap legal Organisasi dapat mengadopsi sikap bahwa mereka akan mematuhi undang-undang, peraturan, dan ketentuan apapun mengenai lingkungan secara sukarela dan tanpaancaman hukuman. ◙ Sikpa pasar Organisasi dapat mengadopsi sikap bahwa mereka akan memberikan respon pada pilihan lingkungan dari pelanggan mereka. ◙ Sikap pihak yang berkepentingan Sikap ini mengambil dari sikap pasar satu langkah lebih jauh untuk menyertakan jawaban pada berbagai kelompok pihak yang berkepentingan ata isu lingkungan. ◙ Sikap hijau tua Beberapa organisasi mulai mencoba mengadopsi nilai-nilai lingkungan yang memberi tahu bahwa kita seharusnya hidup engan cara yang lebih bersahabat dengan lingkungan.

2 komentar:

Unknown mengatakan...

Mungkin postingannya bisa dirapikan dulu, terima kasih^^

Unknown mengatakan...

It sounds pretty user friendly. I guess I’ll pick one up for fun. thank u. wordpress education themes

Posting Komentar